KOMPAS

KOMPAS

DEFINISI KOMPAS

Perlombaan kompetensi pengetahuan akademik bagi mahasiswa merupakan suatu ajang perlombaan bagi mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Perlombaan ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam bersaing di ranah kimia. Selain itu, tujuan utama dari perlombaan ini adalah untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap ilmu kimia, meningkatkan kepercayaan diri, semangat saintifik, dan jiwa kompetitif. Dengan adanya ajang kompetisi ini, diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang berkualitas dalam bidang sains, khususnya dibidang kimia.

DESKRIPSI KOMPAS

Kategori perlombaan kompetensi mahasiswa ini akan hadir pada bulan September 2024. Perlombaan kompetensi mahasiswa CYANIDE XXVIII akan dilaksanakan secara daring (online) dengan tiga tahapan seleksi, dimana setiap tahap akan dilaksanakan pada hari yang berbeda.


- Babak Penyisihan

Pada tahapan ini, sistem seleksi dilaksanakan secara daring (online) melalui website cyanideudayana. Peserta akan mengerjakan soal-soal kimia berupa soal pilihan ganda sebanyak 50 soal.


- Babak Semifinal

Peserta yang dinyatakan lolos dari babak penyisihan akan masuk ke babak semifinal. Sistem seleksi pada tahap ini dilaksanakan secara daring (online) melalui website cyanideudayana. Peserta akan mengerjakan soal-soal kimia berupa soal esai sebanyak 5 soal.


- Babak Final

Peserta yang dinyatakan lolos dari babak semifinal akan menuju babak final. Sistem pada tahap ini dilaksanakan melalui applikasi Webex/zoom meeting. Pada babak ini finalis akan diberikan suatu kasus dan finalis harus memberikan tanggapan terkait kasus tersebut.

PEMBAGIAN WILAYAH UNTUK LOMBA KOMPAS


1. Rayon 1 ( wilayah Sumatera, Bangka Belitung, dan Banten )
2. Rayon 2 ( wilayah DKI Jakarta, Jawa barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta )
3. Rayon 3 ( wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara )
4. Rayon 4 ( wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua )

CYANIDE UDAYANA XXVIII

2024 © Cyanide Udayana. All rights reserved.